Menyingkap Sisi Keindahan Pulau Moramo



Anoa Press - Mendengar kata Moramo tentu kita akan teringat pada obyek wisata air terjunnya yang begitu fenomenal di benak wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan dari mancanegara. Namun belum banyak orang mengetahui bahwa di wilayah Moramo terdapat dua pulau yang begitu eksotis dan memiliki pesona tersendiri untuk di ekplorasi.
Pulau yang termasuk dalam wilayah administratif Desa Mario Raya, Kecamatan Moramo, kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara ini, menyimpan pesona pantai yang berpasir putih dan juga eksotisme keindahan bawah lautnya. Bila kita berangkat dari Kota Kendari dengan menggunakan moda transportasi darat, perjalanan menuju Pelabuhan Bororo Desa Mario Jaya memakan waktu 1 jam 30 menit dengan jarak tempuh 49 kilometer dan selanjutnya menggunakan “Ketinting” (perahu bermotor) selama 15 menit menuju Pulau Moramo Kecil dan Moramo Besar.
Keindahan Pulau Moramo
Menjelajahi Pulau Moramo Kecil  dan Pulau Moramo Besar kita akan disuguhkan oleh indahnya pemandangan hutan belukar, pantai pasir putih, laut yang berwarna hijau tosca, serta formasi tebing batuan karst yang menjulang di sisi pulau. Di sebelah barat Pulau Moramo Kecil terdapat pegunungan Kumi-Kumi yang menyimpan berbagai aneka flora dan fauna di dalamnya. Diantaranya kayu gito-gito (Diospyros pilosanthera),  Eha (Castanopsis buruana ), berbagai jenis anggrek dan rotan. Sementara jenis faunanya terdapat monyet hitam sulawesi (Macaca ochreata) ,bajing, kus-kus dan juga ayam hutan. Selain itu terdapat pula mata air “Mata Bondu” yang turun dari sela-sela tebing dan langsung ke laut. 
Begitu kita menginjakan kaki di Pulau Moramo Kecil maka kita diperhadapkan dengan hamparan semak belukar dan jajaran pohon kelapa di sepanjang sisi luar pulau. Pasir yang memutih bagaikan kristal dan kebeningan laut, membuat kita dapat melihat langsung warna warni ikan yang sedang berenang diantara gugusan terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya.
Pulau Moramo Kecil memiliki luas ± 1,5 hektar, sementara Pulau Moramo Besar seluas ± 3 hektar. Kedua pulau itu saling berdekatan dengan Pulau Lara di sebelah timur dan Pulau senja di sebelah utara.  Menghabiskan liburan akhir pekan di Pulau Moramo Kecil dan Moramo Besar, kita bisa melakukan berbagai aktivitas wisata seperti berenang, snorkeling, memancing hingga scuba diving. Meski fasilitas di pulau-pulau ini seperti gazebo, restoran dan tempat penginapan belum tersedia, tidak mengurangi minat para traveler untuk datang menikmati suasana laut disini.
Bila berminat, tidak ada salahnya kita bisa mengajak teman-teman untuk melakukan wisata camping sambil menginap.  Kala senja tiba, kita bisa menikmati indahnya matahari terbenam, gugusan bintang di malam hari hingga jelang terbitnya matahari pagi. Namun sebelum melakukan aktivitas camping di kedua pulau tersebut, kita wajib melaporkan diri pada pamong desa setempat serta harus menjaga ketertiban dan kebersihan di lokasi camping. Berada di tengah pulau, saat menyuruput secangkir kopi hangat, kita akan benar-benar merasakan sejuknya angin laut yang bertiup sepoi-sepoi. Menjelajahi Pulau Moramo Kecil dan Pulau Moramo Besar seolah tiada habisnya untuk di ekplorasi, banyak misteri yang belum terungkap dari kedua pulau itu. Selamat berpetualang….

Share on Google Plus

anoapress

    Blogger Comment
    Facebook Comment
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar